February 28, 2024

Cara Penempatan Memilih Alat Pemadam Api Ringan yang Benar

Alat pemadam api ringan adalah perangkat penting yang wajib dipasang di setiap bangunan baik rumah tinggal, gedung perkantoran, hingga pabrik dan tempat umum lainnya. Namun, banyak yang salah dalam memilih dan menempatkan alat ini.

Penempatan apar yang salah tentu akan mengurangi fungsi dan manfaatnya saat terjadi kebakaran. Lantas, apa saja kriteria alat pemadam api ringan yang baik? Dan di mana lokasi penempatan yang tepat? Berikut penjelasannya.

Pertama, pilih alat pemadam api bersertifikasi dan berstandarisasi nasional maupun internasional. Produk bersertifikat sudah diuji mutu dan keamanannya, sehingga sangat handal dipakai saat darurat.

Kedua, pertimbangkan jenis dan ukuran tabung pemadam sesuai luas dan jenis bahaya kebakaran di lokasi Anda. Contohnya, alat pemadam di dapur restoran harus berbeda dengan yang ada di gudang penyimpanan barang.

Ketiga, perhatikan tekanan gas pendorong dan jarak semprot nozel alat pemadam. Semakin tinggi tekanan gas, semakin jauh jarak jangkauan api yang bisa dipadamkan hanya dengan satu alat.

Keempat, pilih merek alat pemadam yang sudah teruji dan digunakan oleh banyak industri atau perusahaan besar. Jangan mudah tergiur dengan harga murah karena kualitas belum tentu terjaminm, hanya beli di tonataindonesia.com

Kelima, lakukan perawatan dan pengecekan berkala setiap 6 bulan atau setahun sekali agar performa alat selalu prima. Ganti consumable seperti segel atau slang yang rusak. Isi ulang bahan agen pemadam jika sudah kadaluarsa atau terpakai.

Keenam, tempatkan alat pemadam api ringan pada tempat yang mudah dijangkau dan dilihat. Letakkan pada posisi tegak lurus dengan ketinggian maksimal 1.5 meter dari lantai. Jangan menghalangi jalur evakuasi saat terjadi kebakaran.

Ketujuh, pasang rambu-rambu petunjuk dan tata cara penggunaan alat pemadam dengan jelas. Sebaiknya berwarna mencolok seperti merah dan dilengkapi dengan pencahayaan cadangan jika listrik padam.

Kedelapan, lindungi alat pemadam dari panas, dingin, maupun cuaca ekstrem agar tetap awet. Jangan sampai alat pemadam api terkena panas langsung dari api atau terkena hujan yang dapat merusak sistem mekanisme di dalamnya.

Itulah beberapa tips penting dalam memilih dan menempatkan alat pemadam api ringan dengan benar agar siap digunakan saat terjadi kebakaran. Lindungi harta benda dan nyawa dari ancaman bahaya kebakaran dengan investasi flow switch alat pemadam api yang berkualitas dan handal.